Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Keterampilan Proyek
Main Article Content
The objectives of this study are: (1) Knowing the achievement of student skills learning outcomes after learning using the Project Skills method. This research is an action research (action research), because the research is carried out to solve learning problems in the classroom. This research also includes descriptive research, because it describes how a learning method is applied and how the desired results can be achieved. Based on the findings of the research above, it can be concluded that the application of the Project Task model on local handicraft product material in class XII MIPA 2 SMA Negeri 2 Madiun is effective in improving process skills in working on project tasks in PKWU subjects.
Keywords:
Student, Education, Skills
Asikin, Muhamad Zaenal, & Fadilah, Muhamad Opan. (2024). Masa Depan Kewirausahaan dan Inovasi: Tantangan dan Dinamika dalam Era Digital. Jurnal Syntax Admiration, 5(1), 303–310.
Harahap, Saruddin. (2018). Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 200410 Simapil-Apil Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2016/2017. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 9–13.
Hariono, Eko. (2001). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika SLTP Berdasarkan Model Penemuan Terbimbing (Guided Discovery). Makalah Dijaukan Sebagai Salah Satu Syarat Mengikuti Ujian Komprehensif. Program Pascasarjana Uneversitas Negeri Surabaya.
Hendarsyah, Decky. (2020). Pemasaran Digital dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209.
Ibrahim, Muslimin, & Nur, Mohamad. (2000). Pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Unesa.
Jamal, A. M. (2009). Pengembangan teknik pemodelan fisika melalui pengajaran langsung pada perkuliahan fisika dasar. Universitas Negeri Surabaya.
Jannah, Raodatul, & Asikin, Muhamad Zaenal. (2024). Analysis of Hypnotherapy Method in Changing Fighting Behavior of Children Playing at SDN Jango Elementary School, Central Lombok Regency. Jurnal Syntax Admiration, 5(2), 659–666.
Nurrizki, Yuliana. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Masalah Sosial Kelas Iv Sdn Cimincrang, Kota Bandung). FKIP UNPAS.
Putri, Ni Luh Wahyuni Widya. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 137–147.
Saputra, Nanda. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sitorus, Bunga Yunita. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 10 Medan Ta 2019/2020.
Sono, Moh Gifari, Erwin, Erwin, & Muhtadi, Muhamad Ammar. (2023). Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(04), 312–324.
Sudibyo, Elok. (2003). Beberapa Teori yang Melandasi Pengembangan Model-model Pengajaran. Jakarta: Dit PLP Ditjen Diksasmen Depdiknas.
Suharsimi, Arikunto. (2015). Penelitian tindakan kelas.
Wena, Made. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2.
Yudhistira, Dadang. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Harahap, Saruddin. (2018). Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 200410 Simapil-Apil Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2016/2017. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 9–13.
Hariono, Eko. (2001). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika SLTP Berdasarkan Model Penemuan Terbimbing (Guided Discovery). Makalah Dijaukan Sebagai Salah Satu Syarat Mengikuti Ujian Komprehensif. Program Pascasarjana Uneversitas Negeri Surabaya.
Hendarsyah, Decky. (2020). Pemasaran Digital dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209.
Ibrahim, Muslimin, & Nur, Mohamad. (2000). Pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: Unesa.
Jamal, A. M. (2009). Pengembangan teknik pemodelan fisika melalui pengajaran langsung pada perkuliahan fisika dasar. Universitas Negeri Surabaya.
Jannah, Raodatul, & Asikin, Muhamad Zaenal. (2024). Analysis of Hypnotherapy Method in Changing Fighting Behavior of Children Playing at SDN Jango Elementary School, Central Lombok Regency. Jurnal Syntax Admiration, 5(2), 659–666.
Nurrizki, Yuliana. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Masalah Sosial Kelas Iv Sdn Cimincrang, Kota Bandung). FKIP UNPAS.
Putri, Ni Luh Wahyuni Widya. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 137–147.
Saputra, Nanda. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sitorus, Bunga Yunita. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 10 Medan Ta 2019/2020.
Sono, Moh Gifari, Erwin, Erwin, & Muhtadi, Muhamad Ammar. (2023). Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(04), 312–324.
Sudibyo, Elok. (2003). Beberapa Teori yang Melandasi Pengembangan Model-model Pengajaran. Jakarta: Dit PLP Ditjen Diksasmen Depdiknas.
Suharsimi, Arikunto. (2015). Penelitian tindakan kelas.
Wena, Made. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2.
Yudhistira, Dadang. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik. Gramedia Widiasarana Indonesia.